Pilih Tempat Duduk Di Pesawat Melalui Facebook

Ketika sedang dalam penerbangan, penumpang seperti apa yang Anda harapkan duduk di bangku sebelah Anda? Dalam penerbangan yang memakan waktu berjam-jam Anda tentu tidak ingin duduk bersebelahan dengan keluarga yang membawa anak kecil atau bayi yang rewel. Dijamin Anda tidak akan bisa menikmati penerbangan, apalagi beristirahat. Anda mungkin berharap bisa duduk bersebelahan dengan wanita cantik yang enak diajak ngobrol atau seseorang yang tidak sok akrab dan banyak bertanya.

article-image

Bila dulu penumpang pesawat hanya bisa berharap calon penumpang yang duduk di sebelahnya tidak akan jadi gangguan selama penerbangan, kini maskapai KLM Royal Dutch Airlines dan Malaysia Airlines menghadirkan fasilitas memilih calon ‘teman’ sepenerbangan bagi penumpang dua maskapai ini.

KLM memiliki program Meet & Seat dan Malaysia hadir dengan MHbuddy, keduanya merupakan program ‘social-seating’ yang membolehkan calon penumpang memilih dengan siapa akan duduk dalam sebuah penerbangan. Pertama-tama, calon penumpang menghubungkan akun sosial media mereka, seperti Facebook dan LinkedIn, dengan online milik maskapai, baru kemudian dapat memilih penumpang lain yang ingin dijadikan teman sepenerbangan pada 1 hari sebelum penerbangan. Bahkan para calon penumpang KLM dapat saling mengenal lewat fasilitas chat bila sudah menyambungkan akun sosial media mereka.

KLM mulai meluncurkan fasilitas ini sejak Januari 2012 sedangkan Malaysia Airlines bahkan sudah menerapkannya sejak tahun 2011. Fasilitas ini bersifat suka rela, artinya bila Anda tidak perlu menggunakannya bila tidak ingin calon penumpang lain mengetahui siapa Anda dan profesi yang Anda jalankan. Para penumpang KLM diijinkan menukar tempat duduk jika tidak menyukai calon penumpang yang akan duduk di sebelahnya melalui fasilitas ini.

MHbuddy member penggunanya kelebihan lain, Anda akan diberitahu bila ada teman Facebook Anda yang menggunakan pesawat yang sama. Dengan begitu Anda dapat memilih untuk duduk bersebelahan dengan teman yang sudah Anda kenal. Fasilitas ‘social-seating’ ini rupanya telah menarik perhatian maskapai JetBlue, American Airlines dan Delta Airlines, meski ketiganya belum menyatakan akan secara resmi menggunakan fasilitas ini.

Ketika pertama kali diluncurkan, Meat & Seat langsung kebanjiran peminat. Di hari-hari pertama fasilitas ini digunakan banyak calon penumpang KLM mendaftarkan akun sosial media mereka saat memesan tiket secara online. Untuk sementara waktu, KLM hanya memnyediakan fasilitas ini untuk jalur penerbangan Amsterdam-New York dan San Francisco-São Paulo.

Meski diminati, tetap saja ada pengguna jasa penerbangan yang mengkritik fasilitas ini. Mereka umumnya mengkhawatirkan keamanan dan privacy mereka. Dikhawatirkan dengan menghubungkan akun sosial media akan membuka kesempatan pada pihak-pihak yang memiliki maksud jahat untuk menguntit mereka atau tersebarnya data-data pribadi mereka karena fasilitas ini. Namun baik KLM dan Malaysia Airlines memastikan data pribadi akun sosial media penumpang akan langsung dihapus begitu penumpang mendarat di airport tujuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s