HATI-HATI..!!! Maskapai Ini Minta Biaya Cetak Boarding Pass Rp. 720.000,-

Jika Anda sebal dengan berbagai biaya tambahan ketika terbang dengan budget airline alias maskapai murah, Anda harus cermat membawa halaman syarat dan ketentuan ketika berencana terbang dengan Ryanair.

article-image

Maskapai low-cost Irlandia ini dikenal dengan sederet biaya tambahan di balik murahnya harga tiket pesawat yang diiklankannya. Salah satu biaya yaitu Airport Boarding Card Re-Issue Fee dibebankan untuk penumpang yang belum mencetak boarding pass terlebih dulu di rumah.

Tak tanggung-tanggung, biaya yang dikenakan agen untuk mencetak selembar kertas boarding pass di meja check-in bandara sebesar 60 euro atau sekitar Rp 720.000!

Di Amerika Serikat saja, hanya ada satu maskapai penerbangan yang mengenakan biaya tambahan untuk mencetak boarding pass di bandara yakni Spirit Airlines. Namun mereka hanya mengenakan biaya US$ 5 per orang, jauh lebih kecil dari yang dikenakan Ryanair. Tapi apakah biaya tambahan cetak boarding pass bisa ‘menular’ ke maskapai AS lainnya?

Sebuah keluarga berangkat dari Spanyol ke Inggris menggunakan Ryanair di awal bulan ini. Mereka dikenakan biaya 300 euro (Rp 3,6 juta) gara-gara tidak mencetak boarding pass karena berpikir menyimpan versi PDF-nya di ponsel saja sudah cukup.

Keluarga ini menumpahkan kekesalannya di laman Facebook Ryanair dan mendapat lebih dari 354.000 ‘Likes’ dalam hitungan hari. Namun Ryanair kukuh pada kebijakannya seperti yang sudah dimuat di situs resminya dan tidak mau mengembalikan biaya tersebut. Sebuah email ke hubungan investor Ryanair yang meminta komentar, belum dibalas.

“Meski Ryanair jelas menyebut bahwa mereka mengenakan biaya untuk bantuan tambahan, maskapai ini jelas salah. Mereka tidak mengkomunikasikan dengan jelas ke penumpang bahwa dokumen yang diunduh bukanlah sebuah boarding pass,” kata analis industri Henry Harteveldt, salah satu pendiri Atmosphere Research Group, dikutip dari CNBC, Jumat (24/8/2012).

“Lebih buruknya lagi, Ryanair tidak menyediakan kios pencetak boarding pass di bandara yang bisa digunakan penumpang jika mereka lupa mencetak terlebih dulu sebelum berangkat,” lanjut Harteveldt. Menurutnya, lebih dari 80% wisatawan memilih layanan check-in mandiri, entah itu melalui fasilitas online, kios di bandara atau ponsel.

Perbedaan di AS adalah sebagian besar maskapai menawarkan pencetakan boarding pass di kios bandara secara gratis (Spirit mengenakan biaya US$ 2 per orang) atau menerima boarding pass digital yang tersimpan di ponsel.

Harteveldt menyimpulkan, meski jumlah orang yang menggunakan jasa agen semakin berkurang, ada kemungkinan beberapa maskapai AS mulai mengenakan biaya untuk jasa check-in di counter. Anggota frequent-flyer elit, wisatawan internasional dan pemegang tiket tarif penuh tidak akan dikenakan biaya semacam ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s