Berlibur Dengan Bagasi Terbatas

Ada banyak cara mensiasati waktu berlibur yang sangat terbatas, salah satunya dengan mengurangi barang bawaan Anda.

article-image

Ritme kerja yang sibuk mungkin hanya memberikan Anda sedikit waktu berlibur. Tak jarang perusahaan juga enggan memberikan masa cuti yang panjang. Untuk mensiasatinya Anda bisa saja memilih berlibur di hari libur ‘kejepit’ atau tanggal merah di hari Jum’at atau Senin. Agar masa berlibur yang singkat ini tidak terbuang percuma, fokuskan liburan Anda hanya untuk menikmati keindahan alam atau atraksi wisata yang menjadi tujuan Anda mengunjungi lokasi liburan. Buang jauh-jauh keinginan untuk berbelanja suvenir khas daerah untuk oleh-oleh kerabat Anda, karena selain menghabiskan banyak waktu, oleh-oleh akan menambah beban bagasi Anda.

Libur singkat di akhir pekan yang lamanya sekitar 2-3 hari bisa Anda manfaatkan untuk berlibur ke lokasi wisata yang relatif mudah ditempuh. Misalkan saja Bali, Lombok, kota-kota besar di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Kota-kota ini dapat ditempuh dengan sekali penerbangan dengan lama penerbangan kurang dari 4 jam yang sesuai dengan masa liburan Anda yang singkat.

Karena Anda harus pandai-pandai menghemat waktu agar tidak habis terbuang untuk urusan remeh-temeh, ada baiknya Anda tidak membawa bagasi dalam ukuran besar. Terutama bila Anda membeli tiket murah yang biasanya membatasi bagasi antara 7-10 kg. Bila Anda membawa bagasi cukup besar, Anda harus menunggu bagasi Anda diturunkan dari pesawat, mengambilnya di conveyer belt dan akan mengurangi waktu Anda menikmati masa liburan. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi bagasi, antara lain:

1. Pilih tas punggung/backpack

Pilihan tas paling bersahabat untuk liburan singkat adalah tas punggung atau backpack. Tas ini dapat menampung bawaan yang cukup untuk berlibur selama beberapa hari, tidak perlu masuk bagasi bila backpack Anda tidak terlalu besar dan umumnya memiliki daya tahan yang kuat. Bentuknya yang fleksibel juga memungkinkan Anda untuk menyempilkan benda-benda berukuran kecil di kantong-kantong yang biasanya banyak terdapat pada tas punggung.

2. Buat rencana liburan

Penting sekali untuk membuat rencana liburan ketika berada di lokasi tujuan. Misalnya, Anda berlibur ke Lombok dan untuk masa liburan yang hanya 2-3 hari Anda berfokus pada pada beberapa kegiatan saja di lokasi yang berdekatan. Seperti, menikmati keindahan pantai, snorkeling, diving, surfing atau menikmati kuliner di resto sekitar pantai. Bawaan Anda bisa disesuaikan dengan fokus dari liburan Anda dan tidak perlu membawa barang-barang yang dirasa tidak akan diperlukan.

3. Bawa dalam ukuran mini

Saat ini beberapa barang kebutuhan sehari-hari, baik itu untuk mandi atau kosmetika, banyak disediakan dalam ukuran mini atau istilahnya, travel size. ukuran ini sengaja disediakan untuk memudahkan para traveller agar tidak perlu menghabiskan tempat dalam bagasi. Bila Anda tidak keberatan, Anda juga bisa menggunakan peralatan mandi yang disediakan hotel, terutama handuk yang beratnya cukup lumayan.

4. Cara melipat pakaian

Ada beberapa trik dalam melipat dan mengemas pakaian untuk menghemat ruang dalam tas Anda. Cara ini bisa dengan mudah Anda temukan di internet atau majalah, contohnya dengan menggulung pakaian, bukan melipatnya. Dan usahakan masih ada sedikit ruang kosong dalam tas Anda, karena ketika usai berlibur Anda mungkin terburu-buru sehingga tidak bisa mengemas pakaian serapi ketika berangkat. Ruang kosong ini juga akab berguna jika barang bawaan Anda bertambah karena Anda membeli beberapa barang di lokasi liburan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s