Barang yang berbahaya bagi penerbangan

Pesawat terbang adalah salah satu model transportasi yang saat ini sedang berkembang sangat cepat. Selain efisien waktu juga memiliki tingkat keamanan yang paling baik diantara model transportasi yang lain.

Ketika anda akan menaiki pesawat terbang, anda pasti harus melalui sebuah tempat yang disebut dengan bandar udara, bandara, atau airport. Ketika memasuki bandara anda akan diperiksa oleh petugas bandara yang berjabat aviation security yaitu personil yang memiliki kecakapan tertentu yang memiliki sertifikat yang tugasnya adalah untuk keamanan, pelayanan, dan keselamatan penerbangan.

Sebagian orang kadang mengeluh apabila mereka tidak diizinkan membawa suatu barang ke pesawat atau bahkan mereka sampai marah-marah. Padahal, dalam angkutan terbang seperti pesawat itu tidak seperti naik bis yang bisa membawa barang apapun sesukanya. Dalam pesawat kita harus mematuhi peraturan yang ada agar kita dapat menikmati perjalan yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Istilahnya happy landing lah.

Berikut ini barang-barang yang termasuk dalam barang berbahaya (dangerous goods) atau tidak diperkenankan atau jika diperkenankan maka ada aturan-aturan tertentu baik dalam jumlah, ukuran, maupun cara pengemasan.

1. Explosive atau bahan peledak. Bahan peledak yang dilarang diangkut dalam pesawat terbang yaitu bahan peledak yang dapat meledak pada suhu 75 derajat celcius dalam waktu 48 jam, yang mengandung clorat, amonium salts, dan phosporus. Bahan peledak atau cairan yang sangat sensitif terhadap goncangan mekanis serta bahan yang dapat menimbulkan panas dan gas pada suhu normal di dalam penerbangan juga tidak diizinkan.

2. Flammable liquid atau cairan yang mudah terbakar yaitu cairan yang bila dipanaskan dalam wadah tertutup mempunyai titik nyala 60,5 derajat celcius atau 60,5 derajat celcius dengan wadah terbuka. Misalnya adalah alkohol. Untuk minuman berakohol ada ketentuannya, kadar alkohol tidak boleh lebih dari 70% dan maksimal 5 liter.

3. Gas yang terdiri dari tiga macam, flammable gas atau gas yang mudah terbakar seperti hidrogen dan butane, non flammable non toxic yaitu gas yang tidak mudah terbakar dan tidak beracun seperti karbondioksida dan fire extinguisher, serta toxic gas, atau gas beracun seperti aerosol kecuali yang diperuntukkan pelayanan dalam penerbangan seperti penggunaannya dalam botol parfum.

4. Flammable solid atau benda yang mudah terbakar seperti korek api, yang mengandung fosfor serta kalsium karbit.

5. Bahan radioaktif yaitu bahan yang dapat mengeluarkan radiasi yang berbahaya bagi manusia, binatang, dan barang. Radiasi yang dimaksud tidak dapat dilihat dan hanya dapat dikontrol dengan alat yang disebut geiger.

6. Zat racun yaitu zat yang dapat menyebabkan kematian apabila dihirup/ditelan atau dapat menyebabkan luka yang membahayakan keselamatan seperti pestisida, serta zat menular yaitu zat yang mengandung mikroorganisme hidup yang menyebabkan penyakit misalnya hepatitis dan HIV.

7. Corrosive materials atau zat cair maupun padat yang dapat menyebabkan kerusakan atau karatan, dapat menyebabkan kerusakan kulit bila tersentuh, bila berasap terhirup berbahaya, dapat menyebabkan iritasi mata, dan ada yang dapat merusak logam. Misalnya air raksa.

8. Zat yang beroksidasi yaitu zat yang dapat merangsang kebakaran seperti nitrat dan kalsium klorat serta zat organic peroxide yang dapat menimbulkan reaksi atau terbakar apabila terjadi reaksi kimia seperti hidropeoksida.

9. Barang-barang berbahaya yang dimungkinkan dapat membahayakan manusia atau pesawat apabila tidak ditangani dengan baik sehingga hanya dapat diangkut dalam bagasi pesawat, misalnya senjata tajam, paku, palu, gunting, silet.

Itulah barang-barang yang berbahaya dalam penerbangan. Dalam penerapannya, cairan atau pasta yang memiliki ukuran lebih dari 100 ml atau 100 gram tidak diperkenankan untuk dibawa dalam penerbangan karena dikhawatirkan cairan atau pasta tersebut adalah zat-zat yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Setelah anda dan semua penumpang mematuhi segala peraturan keselamatan penerbangan saya yakin pasti anda akan merasa lebih aman dan nyaman menaiki pesawat terbang dan happy landing!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s