4 Tips Saat Barang Tertinggal Dalam Penerbangan

Barang yang tertinggal dalam penerbangan, menjadi masalah umum bagi tiap traveler yang melakukan perjalanan dengan pesawat. Jangan kuatir, 4 tips berikut adalah jurus ampuh untuk menyikapinya.

article-image

Berpergian dengan pesawat memang menyenangkan. Anda dapat menghemat waktu dan mendapat fasilitas yang nyaman selama perjalanan. Akan tetapi, jika barang Anda tertinggal, atau malah pesawat tidak mengangkut koper milik Anda, itu adalah bencana. Hal ini dapat menghambat perjalanan Anda menuju destinasi berikutnya, atau menunda waktu Anda untuk beristirahat di rumah.

 

Berikut 5 tips menyikapi barang yang tertinggal di pesawat:

 

1. Jangan panik

Jangan panik merupakan hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan. Jangan berlarian tidak karuan atau menangis di dalam bandara. Perhatikan kembali dan cek apa saja barang Anda yang tertinggal. Sebaiknya, Anda langsung menemui petugas bandara setempat atau petugas maskapai penerbangan yang Anda tumpangi untuk melaporkan barang Anda yang tertinggal.

 

2. Jangan marah-marah

Mungkin, yang akan dilakukan Anda setelah mengetahui bagasi Anda tertinggal adalah marah-marah kepada petugas maskapai setempat. Meskipun barang-barang di bagasi Anda merupakan barang-barang berharga seperti laptop atau kamera, tapi tetaplah tenang dan kontrol emosi Anda. Ingat, marah-marah tidak akan menyelesaikan masalah.

 

3. Minta informasi yang jelas dari pihak maskapai

Setelah menghubungi dan bertemu dengan pihak maskapai, mintalah informasi sejelas-jelasnya. Jika Anda yang ceroboh meninggalkan barang, berikan informasi terakhir soal posisi barang Anda di pesawat, kepada pihak maskapai. Jika maskapai yang ceroboh tidak membawa koper Anda dari bandara asal, tanyalah bagaimana mereka akan mengantar koper Anda.

Informasi tersebut mengenai tentang kapan barang Anda akan kembali diantar. Tanyalah tentang detail kapan barang Anda dikembalikan.

Jangan lupa memberikan informasi mengenai Anda. Informasi tersebut mengenai tentang nomor penerbangan, jadwal penerbangan Anda, nomor kontak, dan perihal barang Anda yang tertinggal, agar memudahkan pihak maskapai dalam mengembalikan barang Anda yang tertinggal.

 

4. Update terus perkembangan dari pihak maskapai

Meski sudah mendapat informasi, jangan lupa untuk mendapat perkembangan terbaru mengenai bagasi Anda. Tidak ada salahnya Anda menelpon tiap waktu dan terus bertanya. Hal ini juga akan mengingatkan terus pihak maskapai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s