Paris dan London Kota Terbaik Untuk Mahasiswa

Kota mode Paris, Prancis dan Kota London  berhasil menduduki peringkat teratas dalam ranking 50 kota terbaik di dunia untuk mahasiswa. Menurut peneliti senior di QS Best Student Cities, Ben Sowter, kedua kota tersebut memiliki kualitas hidup yang setara dalam keragaman siswanya. Selain itu, para pimpinan universitas di kedua kota jantung Eropa itu menjadikan kampus sebagai sumber tenaga kerja berkualitas.

Di Paris dan London berdiri universitas-universitas berkualitas dan terkenal di dunia. Di Paris berdiri universitas bergengsi di dunia macam Universite de Paris (Pantheon-Sorbonne), Université de Marne-la-Vallée, Université de Cergy-Pontoise, dan lainnya. Di London pun sejumlah universitas keren berdiri seperti Imperial College, University College London, dan King’s College London.

Para peneliti melihat faktor biaya dan kualitas hidup serta jumlah dan reputasi universitas-universitas yang ada di masing-masing kota. Namun menurut survey, biaya sekolah di dua kota ini terbilang mahal. Di Paris, biaya kuliah untuk mahasiswa internasional mencapai lebih dari 1.000 euro setahun. Sementara di London hingga 20.000 (Rp 280.600.000) setahun.

“Meski biaya sekolah menjadikan London lebih mahal dari Paris, banyaknya universitas kelas dunia di London menjadikan kota itu sebagai investasi yang berharga bagi banyak mahasiswa,” kata Ben. Para peneliti menilai kota dengan populasi lebih dari 250.000 jiwa dan merupakan rumah bagi dua atau lebih universitas ternama.

Ranking ini utamanya ditujukan pada mahasiswa internasional yang sedang mempertimbangkan ke mana harus sekolah. Mereka juga melihat keragaman siswa baik dari total jumlah mahasiswa dan proporsi siswa asing. Tim riset mengevaluasi hampir 500 kota, dan memangkasnya hingga 50. Mereka menilai sejumlah indikator seperti kualitas hidup yang meliputi tingkat kriminalitas dan biaya hidup. Dalam survey ini, London menjadi kategori kota dengan biaya kuliah mahal. Ukuran biaya ini termasuk menghitung harga biaya hidup dan biaya sekolah.

Ben Sowter, mengatakan meski London memiliki lebih banyak universitas kelas dunia dibandingkan dengan Paris, London jauh lebih mahal. “Paris atau London bukanlah kota yang murah tapi biaya sekolah di London membuat London kehilangan 13 poin,” katanya. Ketua Perserikatan Mahasiswa Nasional Inggris, Liam Burns mengatakan, ranking itu adalah bukti dari kerja keras universitas-universitas London dan serikat-seirkat mahasiswa untuk menarik pelajar dari seluruh dunia. Namun ia memperingatkan, “Jika London terus menjadi tempat yang menarik untuk sekolah kita harus memastikan akan ada tindakan yang diambil untuk mengatasi biaya hidup yang semakin tinggi.” Selain London, sejumlah kota lain di Inggris juga masuk dalam 50 besar yaitu Manchester, Birmingham dan Glasgow.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s