Permanent Residence in New Zealand

New Zealand adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di sebelah barat daya Samudra Pasifik. New Zealand merupakan negara yang sangat indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan juga sangat aman (menyandang negara nomor 4 teraman didunia). Penduduk di New Zealand hanya sekitar 7 juta jiwa maka New Zealand sangat membuka kesempatan untuk orang-orang yang ingin tinggal menetap maupun belajar di sini. Jika ingin tinggal menetap di New Zealand, harus mengajukan Permanent Residence.

Permanent Residence adalah izin tinggal menetap di negara lain. Untuk mengajukan Permanent Residence, setiap negara mempunyai syarat yang berbeda. Untuk mendapatkan Permanent Residence di New Zealand membutuhkan usaha yang tidak mudah namun juga tidak sulit.

Permanent Residence in New Zealand

Permanent Residence untuk para pelajar, mereka harus sudah belajar atau kuliah selama 2 tahun atau lebih. Setelah lulus dari kuliah akan mendapatkan Graduate Job Search Visa untuk mencari pekerjaan di New Zealand. Jika sudah mendapatkan perkerjaan di New Zealand, akan mengajukan Work Visa. Barulah kalian dapat mengajukan Permanent Residence, berikut adalah syaratnya:

  • Mempunyai visa tinggal tetap atau atau dalam 3 bulan terakhir
  • Mempunyai visa kurang lebih dalam waktu 2 tahun
  • Sudah belajar atau kuliah selama 2 tahun
  • Sudah memenuhi persyaratan untuk mendapat visa tinggal tetap
  • Sudah memenuhi salah satu dari 5 komitmen dari New Zealand (KLIK)
  • Mengisi formulir dari (KLIK)
  • Menyertakan bukti dari pekerjaan anda

1. Tanggal bekerja

2. Tempat bekerja

3. Pekerjaan

  • Anda juga harus mengkonfirmasi bahwa anda bekerja:

1. Full time (min. 30 jam perminggu)

2. Minimal gaji NZ$ 45,0000

3. Sudah memenuhi seluruh syarat hukum pekerjaan yang bersangkutan, ini sudah

termasuk persetujuan untuk bekerja yang sudah sesuai dengan syarat dan kondisi

seperti kesehatan dan keamanan.

Skilled Migrant Category juga menjadi pertimbangan sendiri untuk mendapatkan persetujuan menjadi warga negara New Zealand. Saat ini Skilled Migrant Category dibagi menjadi dua kategori, yaitu yang kategori jangka pendek (Short Term Skill Shortage List) dan keahlian bersifat jangka panjang (Long Term Skill Shortage List). Syarat untuk SMC ini adalah orang yang berumur dibawah 55 tahun, sehat, berkarakter baik dan bisa berbahasa inggris.

Adapun keuntungan yang didapat bila mendapatkan Permanent Residence diantaranya; Bisa tinggal di New Zealand secara permanen tanpa harus kehilangan warga negara asal kita. Hidup tentram, aman, nyaman dan sejahtera karena sistem kebijakan ekonomi di New Zealand sangatlah bagus. Bisa dengan mudah melanjutkan kuliah ke level lebih tinggi atau lainnya dengan biaya sangat murah dan dana kuliah meminjam dari pemerintah tanpa bunga (dibayar setelah lulus dan mendapatkan full time work). Umumnya, pemegang Permanent Residence hanya membayar 25%-30% dibanding jumlah yang dikeluarkan pelajar asing. Seorang ibu hamil akan mendapatkan perhatian yang teliti dan semua biaya persalinan dari masa kehamilan sampai melahirkan gratis. Biaya pendidikan anak (SD-SMP-SMU) sangat murah. Kurang lebih 1 juta pertahunnya, ini pun bersifat donasi, uang pensiunan (setelah kita berusia 65 tahun) yang dibayar secara rutin. Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, kalian dapat mengunjungi website imigrasi dari New Zealand

(SUMBER RESMI IMIGRASI NEW ZEALAND)

SUMBER

Advertisements